Pertamina Tak Kurangi BBM “Pemerintah Dibohongi SPBU “

TANJUNG REDEB – Permasalahan minimnya stok bahan bakar minyak (BBM) yang dirasakan warga Berau, saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah daerah. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, Pemkab Berau mengundang perwakilan Pertamina Balikpapan dan koordinator pemasaran wilayah utara yakni Depo Pertamina Tarakan.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas permasalahan yang mengakibatkan kurangnya ketersediaan pasokan BBM di wilayah ini. Baik premium, solar, maupun minyak tanah.

Pertamina menampik anggapan sejumlah masyarakat di Berau, termasuk pengusaha SPBU, yang mengatakan, minimnya ketersediaan BBM akibat pengurangan kuota dari Pertamina. Agus Taufik, perwakilan dari UPMS Pertamina Balikpapan mengatakan, sejak 2008 ini, kuota BBM di Berau tidak ada pengurangan selain 2007 lalu.

Di hadapan Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Bupati Ahmad Rivai, dan Ketua DPRD

Abdul Rahim, serta sejumlah unsur pejabat daerah, Agus menyebutkan, saat ini Pertamina mengalokasikan BBM dengan realisasi per bulan 1.490 kiloliter (KL) untuk jenis premium. Sedangkan solar 925 kl per bulan yang dibagikan kepada 4 SPBU dan 1 agen premium dan minyak solar (APMS).

Sementara itu, untuk minyak tanah, dijatah 722 kl per bulan kepada 2 agen minyak tanah di daerah ini. “Pembagian BBM bersubsidi tersebut telah sesuai dengan jumlah penduduk Berau yang saat ini 160 ribu lebih. Hal itu sesuai standar Bappenas, satu jiwa memakai 3,75 liter per bulan, khususnya untuk minyak tanah,” sebutnya.

Bupati Makmur menilai, ada kerancuan terhadap pasokan BBM di daerah ini. Dia meminta jajarannya serta aparat keamanan lebih proaktif menyelidiki dan menindak oknum yang merugikan masyarakat tersebut.

Minimnya pasokan BBM industri itu juga diperparah aktivitas kendaraan industri serta kendaraan luar daerah yang mengisi BBM subsidi di SPBU. Menurut Rifai, kondisi ini perlu penanganan serius guna mengatasi berkurangnya pasokan BBM, khususnya subsidi yang sering digunakan kendaraan industri.

Dia kecewa terhadap pengusaha SPBU yang mengelabui pemerintah dengan menyatakan pasokan BBM di Berau telah dikurangi Pertamina. Padahal, tidak ada pengurangan kuota BBM di daerah ini. Rifai menegaskan, seluruh kendaraan proyek yang beroperasi di Berau tidak boleh mengisi BBM di SPBU. ( Sumber Kaltimpos)

2 Balasan ke Pertamina Tak Kurangi BBM “Pemerintah Dibohongi SPBU “

  1. gimblot mengatakan:

    skrg juga kayaknya ada instruksi dari kaporli buat seluruh jajarannya utk melakukan penangkapan dan penggrebekan thd para penimbun BBM yang selama ini dibiarkan jadi seakan2x memang ada excuse utk menaikkan harga BBM dengan alasan disparitas harga terlalu besar

  2. berau 76 mengatakan:

    bbm….oooh…bbm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: