Kalimarau Bakal Didarati Airbus

Sejumlah maskapai penerbangan sangat berkeinginan membuka jalur penerbangan Berau-Jakarta. Namun, untuk membuka jalur penerbangan tersebut, pihak perusahaan penerbangan menginginkan peningkatan overlay Bandara Kalimarau, untuk mendaratkan pesawat jenis Airbus seri 319 (A-319).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau Ahmad Rijal menyebutkan, apa yang diwacanakan sejumlah maskapai penerbangan tersebut sangat bagus bila direspons pemerintah daerah, demi membuka peluang investasi di Berau. “Kami dari komisi III sangat mendukung wacana itu,” kata Rijal.

Sebenarnya, ada persyaratan harus dipenuhi untuk merealisasikan wacana jika dibuka rute Berau – Jakarta, terutama adanya peningkatan bandar udara. Ia mengakui pernah mendengar wacana tersebut dari pembicaraan manajemen perusahaan penerbangan saat bertemu Wakil Bupati Berau Achmad Rifai.

“Perusahaan itu menginginkan landasan pacu Bandara Kalimarau dipertebal lebih dulu, baru mau membuka rute penerbangan Berau – Jakarta,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sub Dinas Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Berau Fahmi Rijani membenarkan soal wacana salah satu perusahaan penerbangan membuka jalur penerbangan Berau-Jakarta. Untuk menghadapi hal itu, pemerintah akan terus membenahi fasilitas bandara sesuai standar sehingga bisa didarati pesawat jenis Airbus.

Untuk mendaratkan pesawat itu, Pemkab Berau diminta meningkatkan lapisan lintasan pacu yang ada saat ini. Sebab pesawat berbadan lebar itu lebih besar dibandingkan penerbangan yang ada, yakni Boeing 737-200.

Karena itu, Dishub akan mengusulkan sejumlah fasilitas pendukung bandara seperti pemasangan lampu apron dan pembangunan terminal penumpang baru, yang lokasinya berdekatan dengan apron. pihaknya juga akan melakukan peningkatan landasan bandara yang saat ini hanya 1.280 meter, menjadi 2.250 meter.

“Dengan dilengkapinya fasilitas bandara dan penambahan landasan penerbangan itu, Insya Allah semua pesawat berbadan lebar yang ingin melayani penerbangan di Berau bisa teratasi,” tutur Fahmi.

Soal berapa dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan overlay bandara itu, Fahmi mengatakan, hingga saat ini berhitung, namun diperkirakan lebih Rp 11 miliar. Bila dilihat dengan kasat mata, Animo masyarakat Berau bepergian menggunakan transportasi udara cukup besar. Itu bisa dilihat penuhnya penumpang di setiap penerbangan yang dilakukan Batavia Air. Bahkan Batavia Air pun melihat prospek di Berau sangat baik.

“Apalagi jika masuk pesawat A/319 dengan kapasita 300 seat, untuk jurusan Berau-Jakarta, bisa jadi warga Bulungan dan Kutai Timur (Kutim) tidak lagi ke Balikpapan untuk menuju Jakarta, lebih ekonomis berangkat dari Berau,” (SUMBER KALTIMPOST)

2 Balasan ke Kalimarau Bakal Didarati Airbus

  1. ERI mengatakan:

    pembangunan bandara kalimarau begitu mendapat perhatian semua tingkat pemerintahan, baik pemda berau, pemprop kaltim. tapi, jangan dilupakan kebutuhan masyarakat menengah kebawah yang membutuhkan sarana tranfortasi publik yang masal dan murah.apalagi kalau bukan naik bis sementara untuk route berau-samarinda harus ditempuh dalam waktu 3 hari. apa bisa pemerintah mensubsidi para penumpang bis ini agar dengan uang seharga tiket bis bisa naik pesawat?coba direnungkan wahai para abdi negara yang jadi dambaan semua warga berau!!!

  2. bokir mengatakan:

    saya stuju lebih cepat lebih baik, kalau pembangunana bandara kalimarau ditingkatkatkan dan dikembangkan yang lebih prestisius.barkembangnya bandara kalimarau tidak menutup kemungkinan penerbangan banyak dilirik oleh maskapai atau armada lain, sehingga otomatis many vest/ticket juga pun bersaing dan ini dapat membantu kebutuhan masyarakat yang menengah kebawah yang ingin berpergian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: