Bandara Kalimarau Tingkatkan Landasan Pacu

Harapan operator penerbangan, agar landasan pacu (run way) Bandara Kalimarau ditingkatkan, bakal terpenuhi. Melalui APBD-P 2008 serta dukungan Pemprov Kaltim, akan dialokasikan dana Rp 10 miliar. Targetnya, penambahan over lay landasan pacu sehingga bukan hanya jenis pesawat Boeing 737-200 saja yang bisa mendarat, melainkan kelas Boeing 737-300 juga bisa meramaikan penerbangan di Berau.

Bupati Makmur HAPK menjelaskan, dalam pembahasan APBD Perubahan 2008, juga diusulkan peningkatan kualitas Bandara Kalimarau, khususnya landasan pacu.

Dalam pembahasan tersebut, anggota DPRD memberikan dukungan penuh, sebab pekerjaan ini dinilai sangat peting mendukung laju pembangunan di Berau.

Bupati memperkirakan dana yang dibutuhkan Rp 10 miliar, ini pun didukung dana APBD provinsi. Pekerjaan yang dilakukan, menambah lapisan aspal landasan pacu. ”Ini diisyaratkan sejumlah operator penerbangan,” kata Makmur.

Landasan pacu Bandara Kalimarau saat ini panjangnya 1.850 meter. Selain dua operator penerbangan Riau Airlines dan Trigana yang mengoperasikan pesawat jenis Fokker-50 dan ATR 42, juga Batavia Air yang sudah hampir dua bulan beroperasi dengan pesawat Boeing 737-200.

Menurut Makmur, banyak fasilitas harus dilengkapi di kompleks bandara tersebut. Selain harus menambah panjang landasan pacu hingga menjadi 2.000 meter lebih, juga fasilitas navigasi serta perbaikan terminal sesuai rencana. ”Dengan perbaikan pelayanan dan fasilitas, jelas operator penerbangan juga akan berlomba membuka penerbangan berjadwal,” tegasnya.

Bahklan, lanjutnya, setelah penambahan lapisan landasan pacu, operator penerbangan Mandala Air juga berencana membukan penerbangan berjadwal dari dan ke Bandara Kalimarau. Termasuk, bila terbuka peluang, Mandala yang akan mengoperasikan pesawat Airbus, akan membuka rute penerbangan ke wilayah Malaysia Timur seperti Tawau dan Kota Kinabalu.

Apa yang dilakukan, diakui Makmur, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penerbangan udara. Baik di Berau, maupun pengguna jasa penerbangan udara dari wilayah Kutai timur dan Bulungan yang memilih terbang melalui Bandara Kalimarau. ”Ini demi kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat,” ( Sumber Kaltompost )

2 Balasan ke Bandara Kalimarau Tingkatkan Landasan Pacu

  1. INDANNA mengatakan:

    Memang sudah saatnya Berau memiliki bandara
    refresentatif sekelas bandara balikpapan, membuka icoun pintu gerbang kalimantan utara
    apa lagi kalau air bus bisa masuk kalimarau dan dapat membuka rute internasonial.
    bisa jadi alternatif untuk
    transit penerbangan.siapa tau dapat memberikan multiefek untuk menjadikan Berau sebagai kota pariwisata.kalau bisa trealisasi.
    (Pemkab Berau very good)

  2. org barau besuara mengatakan:

    klo bisa bandara nya d kasi panjang lg wal ai jd kawa jua pesawat2 basar masuk,jd harga tiket nya murah jgn spt sekarang se enak perut kasi harga tiket selangit(makin banyak pesawat basar masuk smkin murah pila tiket nya wal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: