Segera Aliri 4.500 Pelanggan PDAM

TANJUNG REDEB-Pelanggan PDAM di Tanjung Redeb sekitar pertengahan September sudah dapat menikmati distribusi air bersih dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang baru, karena saat ini progress pembangunan IPA yang berada di Jl Raja Alam KM 5 itu secara keseluruhan telah mencapai 95 persen.

Manajer PT Wika Karka, Ir Suwito menyampaikan, distribusi air ke pelanggan itu akan diupayakan terealisasi 100 persen.

“Untuk sambungan ke pelanggan data terakhir telah mencapai sekitar 4.200 sampai 4.500 pelanggan dan nantinya tinggal dilakukan penyambungan saja dari instalasi yang baru ke instalasi yang ada di rumah pelanggan,” ujar Suwito kepada Radar Tarakan, Jumat (29/8).

IPA yang baru dibangun itu diyakini dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Berau. Pasalnya, produksi per detiknya mencapai 200 liter dan bahkan bisa ditambah 10 persen dari kapasitas. Bahkan saat dilakukan overhoul pun bisa tetap melayani masyarakat, hanya saja kapasitasnya lebih rendah yaitu tiga perempat dari kapasitas normal.

Untuk tekanan kata Suwito, pada saat operasional normal nantinya tekan air mencapai 6 BAR.

“Tapi pada saat ujicoba kami upayakan sampai 12 BAR,” tandasnya.

Ditambahkannya, untuk tahap I pendistribusian air bersih dari IPA baru tersebut memang masih dilakukan di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb. Namun, selanjutnya akan terus dilakukan untuk wilayah Kecamatan Gunung Tabur dan Teluk Bayur. “Tapi yang pasti pertengahan September kami sudah upayakan untuk Kecamatan Tanjung Redeb dan yang paling penting adalah sebelum pendistribusian air bersih ke warga, listrik untuk menjalankan pompa sudah bisa masuk,” ujarnya, sembari mengatakan listrik yang dibutuhkan untuk di IPA baru mencapai 1 Mega Watt (MW), listrik tersebut untuk kebutuhan intake dan mesin pompa.

Bupati Berau H Makmur HAPK yang Jumat kemarin mengunjungi proyek pembangunan IPA baru tersebut sangat terkesan karena operasional IPA yang menggunakan peralatan otomatis. Untuk itu, bupati pun menginginkan agar karyawan PDAM Tirta Segah, segera belajar mengoperasikan peralatan. “Terutama karyawan teknis (operator, Red.) yang akan mengoperasikan peralatan tersebut,” tekan bupati.

Jika tidak menguasai peralatan yang ada lanjut orang nomor satu di Bumi Batiwakkal itu, maka pengoperasian IPA akan terganggu. “Jadi karyawan PDAM harus mulai sekarang belajar mengoperasikan, jangan nanti belajarnya ketika proyek ini selesai dan diserahterimakan. Kalau mulai sekarang ‘kan mereka juga bisa tahu bagaimana nanti perawatannya,” tekan bupati ( sumber Radar Tarakan )

Satu Balasan ke Segera Aliri 4.500 Pelanggan PDAM

  1. dunhil mengatakan:

    payah pdam berau tak punya kemampuan mengelola air baru satu tahun airnya nggak mau naik lagi sehingga diperlukan bantuan mesin. kami sekedar mengingatkan kepada bupati berau air dan listrik menjadi prioritas utama jadi tolong dibuktikan dong jangan hanya bisa buat program aja tapi kagak bisa laksanakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: