Tahun Depan, Direncanakan Pialanya dari Presiden

Dari Lomba Memancing di Laut Derawan

ak ada kejutan pada lomba memancing memperebutkan piala bupati kali ini. Tak satupun peserta yang berhasil mengangkat jenis ikan blue marlyn ataupun ikan layaran yang menjadi primadona sertiap event memancing. Meski demikian, prestasi lain berhasil dicatat pada lomba yang keempat kalinya ini, adalah ikutnya pserta asal luar negeri.

CUACA memang sedikit tidak bersahabat. Meski demikian, peserta cukup antusias mengikuti lomba dan melakukan “pengejaran” ikan primadona dalam lomba kali ini. Ya, mereka mengejar ikan marlyn yang menjadi jackpot lomba yang menjanjikan bonus Rp50 juta khusus untuk jenis ikan marlyn seberat di atas 100 kilogram. Memang ada peserta dari Samarinda yang berhasil mendapatkan black marlyn. Namun beratnya hanya 10 kilogram. Ikan tersebut, setelah diabadikan dan dinilai lalu di lepas kembali ke laut. Hingga panitia menetapkan seluruh peserta harus kembali ke Dermaga Tanjung Batu di ibu kota Kecamatan Pulau Derawan, tak ada satu pun peserta yang mendapat ikan “senilai” Rp 50 juta tadi.

Tumpukan ikan jenis baracuda dan ikan putih, dan ikan tenggiri, ditempatkan di sebuah meja lalu panitia mencermati satu persatu. Panitia melakukan penilaian. Peserta yang berhasil memancing ikan terberatlah yang mendapatkan hadiah.

Meskipun jackpot Rp 50 juta tidak dipecahkan, bukan berarti lomba yang dibuka Bupati Berau Makmur HAPK tidak mencatat prestasi. Justru lomba yang keempat kalinya ini, memberikan nilai tambah bahwa Berau memang memiliki daya tarik yang luar biasa dan mampu menempatkan diri setara dengan daerah lain di Tanah Air yang sering menggelar lomba yang sama.

Lebih hebat lagi, salah seorang peserta yang berasal dari Jakarta, memberikan penilaian yang cukup menarik. Laut Derawan dan Kabupaten Berau, katanya, layak untuk menggelar lomba memancing dengan memperebutkan piala Presiden RI. ”Ini tentu satu penghargaan yang jujur dari para komunitas pemancing,” kata Makmur.

Menjawabnya, tahun depan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Berau, piala Presiden RI tersebut dijadwalkan menjadi daya tarik bagi peserta yang datang bisa lebih banyak lagi, termasuk dari luar negeri.

Bagi dunia wisata, terselenggaranya lomba memancing ini, juga menjadi agenda wisata yang akan terus dievaluasi, khususnya dalam memadukan kemasan olahraga dan kesenian. Peserta luar daerah tentu ingin menyaksikan kekayaan budaya yang ada di wilayah pesisir pantai. Begitupun potensi wisata lainnya. Dan ini memang menjadi tanggung jawab masyarakat dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Berau.

“Insya Allah, tahun depan, kami akan menggarap event ini lebih sempurna lagi dan dengan melibatkan banyak pihak, terutama praktisi seni dan masyarakat di wilayah pesisir pantai,” kata Rusdiani, kadis Pariwisata dan Kebudayaan.

2 Balasan ke Tahun Depan, Direncanakan Pialanya dari Presiden

  1. mang shanny mengatakan:

    Kayaknya seru juga tuh mancing di laut, tapi sayang mang mah belum pernah mancing, tapi senang aja liatnya.
    eh mas wawan ini mang ada acara buat nanti tgl 10 nopember semoga mas bisa ikut gabung yah, untuk detailnya silahkan lihat disini warrior http://shanny.web.id/?p=732, dan tolong juga di infokan kepada yang lain, terima kasih mas, wassalam

  2. sefrizal mengatakan:

    bos kapan neh mau coba mancing di laut lampung……?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: