Diare Naik 100 Persen RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb Kewalahan

Ruang rawat anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai kebanjiran pasien diare. Hasil pantauan harian ini, Jumat (24/4) kemarin, pasien juga memenuhi lorong-lorong jalan di luar ruang rawat inap.

“Penderita diare bulan ini meningkat,” kata Kepala Ruang Anak rumah sakit itu, Masnah. Dibanding bulan lalu yang 31 pasien, bulan ini 62 pasien – padahal belum genap 30 hari.

Luberan pasien diare hingga ke lorong jalan ruang rawat inap itu terjadi karena keterbatasan fasilitas berobat.

Masnah menuturkan, RSUD hanya memiliki 40 tempat tidur untuk ruang rawat anak, sedangkan pasien diare yang dirawat sudah mencapai 62 pasien. “Rata-rata penderita membutuhkan perawatan 4-5 hari di sini. Jika dihitung per hari, rata-rata ada 4 pasien yang harus dirawat,” ungkapnya.

Masnah juga mengeluhkan jumlah petugas medis yang terbatas. Di ruang rawat anak itu, hanya ada 17 petugas yang dibagi menjadi 4 shift kerja. “Idealnya seorang perawat itu menangani 4-5 pasien, tapi sekarang ini rata-rata perawat yang empat orang harus menangani 10 pasien,” tuturnya.

Dia mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau segera menambah fasilitas ruang rawat dan jumlah petugas medis.

Menurut Masnah, meningkatnya pasien diare pada April ini disebabkan perubahan cuaca di Berau. “Kadang-kadang panas dan tiba-tiba saja hujan. Ini dapat mempengaruhi kondisi fisik masyarakat,” jelasnya.

Di samping itu, kesadaran masyarakat akan kebersihan dianggap juga masih kurang. Masih banyak tampak sampah-sampah berserakan di jalan-jalan kawasan pemukiman dan fasilitas umum lainnya. Ditambah debu yang beterbangan, kemudian dihirup masyarakat.

“Kami mengimbau agar warga jangan jajan sembarangan. Perhatikan kemasan dan kebersihan makanan dan tempat,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: